TOTAL PENGUNJUNG

ABOUT ME

My Photo
Andri
Bandung, West Java, Indonesia
Just a little boy that so fall in love to adventure , traveling , music and books for me music and adventure is part of my life
View my complete profile

JAM [ CLOCK ]

Wednesday 15 August 2012

Vernacular




" kamu itu yah orang sunda kok gak bisa bahasa sunda
mana rasa nasionalismemu terhadap bahasa daerah?? "ayah berkata kepada saya
" begini ayah masalahnya andri enggak bisa bahasa sunda halus
andri cuman bisa bahasa sunda kasar kalau kecoplosan kan enggak enak " balas gue
" ya maksud ayah kamu tuh , kamu harus bisa belajar bahasa sunda yang bener
mau kasar atau halus nanti bakal dibenerin kok " balas ibu saya

aduh benar benar deh gue ini urang sunda tapi kok enggak bisa bahasa sunda
keterlaluan sekali gue menganggap diri gue nasionalisme tapi sama budaya sendiri enggak cinta
damn malu banget gue kenapa ya gue bisa ngelupain bahasa daerah gue ??
apa hanya karena gue terlalu serius ingin bisa bebahasa inggris jadi melupakan bahasa daerah??
atau apalah [ sesuatu ] yang membuat gue enggak ada niat untuk belajar bahasa daerah ??
mungkin gue harus kembali ke awal lagi [ malas deh]
mau bagaimana lagi daripada ge enggak bisa bahasa inggris
ada baiknya gue mengulang kembali lagi walaupun malas
malas karena apa ya gue????

gue enggak bisa balas kata kata ibu gue maupun ayah gue
masalahnya bila gue balas , gue khawatir kecoplosan atau salah ngomong
dan membuat mereka marah atau makin lama omelannya
yasudah gue dengerin saja daripada terjadi hal hal yang tidak di inginkan

kalau begini setelah gue bisa berbahasa inggris
gue harus bisa mempersempurnakan bahasa daerah [ sunda ] gue
gue enggak boleh lupa sama budaya sendiri terutama bahasa daerah
ada benarnya juga kata kata ayah gue ini kurang memahami budaya asli 

Nb :Bahasa Daerah [Vernacular]  lebih penting daripada Bahasa Internasional

0 comments:

Post a Comment

silahkan bertanya apapun yang kalian ingin
asalkan jangan yang susah susah ya :p
juga jangan sara , flamming atau bad word :)
thanks...

 

Popular Posts